Pengertian Sejarah, Unsur, dan Manfaat


Sejarah  tidak dapat dipisahkan dengan peradaban manusia yang terus tumbuh dan berkembang. Sebagai makhluk hidup yang  dinamis, manusia secara tidak langsung akan membuat sejarah dan sejarah itu akan bermanfaat bagi manusia di masa sekarang dan di masa depan.

Konsep sejarah yang dibahas tidak hanya dibatasi oleh definisinya saja, tetapi juga oleh unsur-unsur, dan manfaat sejarah itu sendiri dalam penelitian ilmiah. Berikut ini adalah uraian tentang pengertian sejarah, unsur-unsurnya, dan manfaatnya bagi kehidupan.

Pengertian Sejarah

Secara etimologis, sejarah berasal dari  bahasa Arab, yaitu syajaratun yang berarti pohon dan dalam bahasa Arab sendiri cerita disebut tarikh. Pohon mengacu pada silsilah keluarga yang menyerupai pohon yang penuh dengan cabang, ranting, dan akar. Kata syajaratun dalam bahasa Arab  berkembang menjadi bahasa Melayu dan menjadi syajarah. Hingga akhirnya menjadi istilah sejarah untuk menggambarkan silsilah atau silsilah dalam bahasa Indonesia saat ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Sejarah adalah pengetahuan atau penjelasan tentang peristiwa dan peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau. Jadi konsep sejarah dalam hal ini sebenarnya adalah peristiwa dan peristiwa yang  terjadi pada masa lampau.

Unsur-unsur Sejarah

Setelah mengetahui pengertian sejarah, sekarang kita akan mempelajari unsur-unsur yang membentuk peristiwa sejarah. Berikut ini merupakan unsur-unsur pembentuk sejarah yang harus kalian ketahui 

1. Manusia

Orang merupakan faktor penting dalam pembentukan sejarah karena manusial ah  menentukan peristiwa sejarah. Manusia memiliki peran penting dalam pembetukan sejarah karena sejarah pada umumnya menceritakan tentang tindakan atau perilaku manusia dalam bidang apapun, tanpa bergantung pada pandangan hewan atau alam. Ini terjadi karena cerita itu sendiri dibuat untuk manusia.

2. Waktu

Waktu merupakan bagian dari sejarah karena sejarah selalu dikaitkan dengan kronologi dan keunikan. Setiap peristiwa sejarah memiliki ciri khas yang selalu berbeda di setiap periodenya. Sejarah adalah ilmu tentang aktivitas manusia dalam kaitannya dengan waktu.

3. Ruang

Ruang sebagai unsur sejarah yang dimaksud adalah tempat yang menunjuk pada aspek letak geografis dari peristiwa yang dialami manusia. Apa yang dilakukan manusia pada waktu tertentu harus berada di ruang tertentu. Keterlibatan ruang yang jelas ini akan membantu pembaca generasi mendatang untuk memahami sepenuhnya peristiwa sejarah yang benar-benar terjadi.

Manfaat Sejarah Bagi Kehidupan Manusia

Sejarah dapat diubah menjadi nilai-nilai yang hidup berdampingan dengan manusia. Berikut adalah beberapa manfaat sejarah yang perlu diketahui kalian ketahui :

1.Sebagai Pembelajaran

Sejarah dapat dijadikan pembelajaran oleh manusia, karena dari belajar sejarah kita bisa belajar dari kesalahan yang dulunya pernah terjadi pada orang lain atau kita sendiri. Dengan begitu kesalahan yang terjadi di masa lalu tidak terulang lagi.

2. Sumber Kebenaran

Setiap orang membutuhkan kebenaran untuk menjalani hidupnya, jadi sejarah membuktikan bahwa kita harus memahami sesuatu untuk bertahan hidup. Sejarah dapat berguna untuk memenuhi kebutuhan intelektual manusia sebagai makhluk cerdas dan untuk membuat kita berpikir secara dinamis.

3. Bermanfaat di Kehidupan yang akan Datang

Sejarah tidak hanya sebagai sumber informasi, tetapi juga dapat menjadi inspirasi dan pelajaran bagi kehidupan masa depan. Jadi sejarah dan masa lalu adalah pelajaran berharga untuk dikembangkan di masa depan. Dengan demikian, seseorang dapat menggunakan pengalamannya untuk menentukan masa depan.

Nah, itulah penjelasan mengenai konsep memahami sejarah berdasarkan unsur, dan manfaatnya dalam kehidupan manusia. Pepatah  mengatakan bahwa masa lalu adalah guru terbaik, jadi jika kita bisa memaknai sejarah dengan baik, sejarah akan menjadi pelajaran di masa depan.

Komentar